Jenis Ikan Datnoid alias Tigerfish

Ikan Datnoid atau Tigerfish ini merupakan salah satu ikan predator yang cukup populer di kalangan penghobi akuarium. Warna kuning keemasan dengan loreng harimau di tubuhnya membuat ikan ini "sedap di pandang mata. Ikan Datnoid atau Tigerfish ini bisa mencapai ukuran lebih dari 25cm di akuarium bahkan bisa mencapai ukuran 45cm di alam. Ikan datnoid ini umurnya bisa mencapai lebih dari 10 tahun

Datnoid Widebar

Ikan Datnoid bisa disatukan dengan ikan predator lain yang tidak agresif misal saja arwana. Banyak penyuka ikan predator menyatukan ikan datnoid dengan arwana.

Tigerfish ini memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Artinya bahwa ikan ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk berukuran besar. Ikan predator ini agak pemalu dan ikan ini tidak menyukai terlalu banyak cahaya. Ikan ini agak "rewel" untuk dipelihara. Perlu memahami tentang karakter datnoid ini.


Jenis Ikan Datnoid
Jenis-Jenis Datnoid / Tigerfish

1. Siamese Datz / Siamese Tigerfish (Datnioides Pulcher)

Jenis Siamese Tigerfish ini merupakan salah satu jenis yang memiliki warna paling cantik. Berasal dari kawasan Siam Asia tenggara.

siamese datnoid tigerfish

2. Thinbar Datz / Thinbar Tigerfish (Datnioides Undecimradiatus)

Jenis ini memiliki warna keemasan dengan loreng tipis di tubuhnya.
Ikan Thinbar Datnoid

3. Papua Datz (Datnioides Campbelli)

Jenis ini berasal dari Papua. Tidak seperti ikan Datz yang lain, pada Papua datz loreng tubuhnya terkesan kotor dan tidak rapi

Ujab Papua Datnoid

4. Indo Datz (Datnioides Microlepis)

Indo Datz (Datnioides Microlepis) adalah jenis yang paling banyak ditemui di pasaran. Sekilas mirip dengan Siamese tigerfish hanya saja warnanya tidak secerah siamese datz. Jumlah lorengnya pun lebih banyak daripada Siamese Tigerfish.

Indo Datz

Penyebaran Indo Datz ini meliputi pulau kalimantan dan dan Sumatera. Indo Datz dari Kalimantan memiliki warna lebih ke oranye. Sementara yang berasal dari Sumatera berwarna kuning.

Artikel Terkait :
Jenis Ikan PredatorJenis Ikan Predator Air Tawar

Artikel