Apistograma Cichlid (Apistogramma sp.)

Ikan Apistogramma atau Apistogramma Cichlid , merupakan ikan dari famili cichlidae yang berukuran kecil atau dikenal dengan istilah Dwarf Cichlid. Genus Apistograma ini terdiri dari sekitar 100 species, dan 20 spesies diantaranya masih menunggu penelitian ilmiah lebih lanjut. Beberapa jenis ikan apistogramma memiliki warna yang cantik. Jenis Ikan Hias Air Tawar yang berukuran mini ini cocok ditempatkan untuk akuascape

Apistogramma salah satu Dwarf Cichlid dari Amerika - by Dornenwolf CC BY 2.0

Apistogramma ini sebaiknya dipelihara di akuarium minimal berukuran 30 gallon, dengan banyak tanaman air. Selain memerlukan area terbuka untuk berenang, ikan ini juga memerlukan tempat persembunyian. Gravel atau pasir juga disarankan. Walaupun termasuk ikan yang semi agresif ikan ini agak pemalu dan sebaiknya tidak disatukan dengan ikan yang berukuran besar dan agresif.

Apistogramma merupakan "egg layer" (ikan yang berkembang biak dengan meletakkan telurnya)dan biasanya lebih memilih meletakan telurnya di dalam "gua". Jika betina belum siap untuk "kawin" sedangkan jantannya sudah siap, maka ikan jantan akan mengganggu si betina sampai ia siap untuk itu. Betina akan membalas kelakuan si jantan jika telur telah diletakkan dan gua tempat bertelur dirasakan betina terlalu sempit.

Apistogramma merupakan ikan karnivora , dan akan memakan berbagai jenis pakan . Cacing beku, cacing kering, pelet , udang hidup dan udang beku, juga cacing sutra merupakan pakan yang cocok untuk ikan ini.

Jenis Ikan Apistogramma

Beberapa ikan apistogramma yang cukup populer diantaranya

Agassizi Cichlid - Apistogramma agassizii

Agassizi Cichlid merupakan bagian dari genus Apistogramma terdiri dari sekitar seratus spesies. Nama Agassizi ini untuk mengenang seorang zoologist dan geologist warga Amerika keturunan Swiss bernama Louis Agassiz(1807-1873)

Ukuran maksimalnya sekitar 10 cm saja. Ikan ini bisa ditempatkan di aquascape

Cockatoo Cichlid - Apistogramma cacatuoides

Masih dari genus Apistogramma, ikan Cockatoo Cichlid juga merupakan jenis yang populer. Dorsal fin /sirip atas ikan ini akan mengingatkan kita kepada jambul burung kakaktua (Cockatoo).

dwarf cichlid apistogramma cockatoo
Ikan Cockatoo Cichlid - By Redspider CC BY-SA 3.0.

Panda Dwarf Cichlid - Apistogramma nijsseni

Ikan lucu ini bernama Panda Dwarf Cichlid dengan nama latin Apistogramma nijsseni. Ciri khasnya memiliki totol hitam ditubuhnya.

dwarf cichlid panda dwarf cichlid
Ikan Panda Dwarf Cichlid - By Sascha Biedermann CC BY 2.5

Artikel