Trimac Cichlid (Cichlasoma trimaculatum)

Ikan yang mempunyai nama latin Cichlasoma trimaculatum juga di kenal dengan nama Three Spot Cichlid dan termasuk ke dalam Family Cichlidae.Jenis ikan hias air tawar Trimac Cichlid ini habitat aslinya berasal dari Amerika Tengah terutama El Savador, Nikaragua dan Honduras.

Trimac Cichlid

Ikan trimac memiliki warna dasar warna hijau atau kuning dengan tiga titik/marking yang berbeda pada sisi tubuhnya. Pada saat dewasa ikan ini akan berukuran maksimal sekitar 15 inch (Jantan) dan 10 inch (Betina). Ikan trimac jantan juga memiliki sirip yang lebih panjang dan warna merah di balik insangnya. Oleh karenanya ukuran akuarium yang disarankan yaitu 55 Galon dengan PH air 7.0 dan suhu 21-30 C .Trimac Cichlid ini termasuk memiliki sifat Agresif dan Teritorial. Trimac Cichlid ini adalah Omnivora tetapi lebih bersifat predator dan memangsa ikan kecil.

Banyak yang sering menyangka ikan ini merupakan ikan flowerhorn atau louhan kualitas rendah. Karena kemiripan ini banyak yang memperkirakan bahwa louhan merupakan hibrid atau hasil kawin silang dari cichlid ini. Karena itu untuk mencari ikan trimac pure atau asli harus benar-benar selektif agar tidak tertukar dengan ikan louhan.

Tampilan Trimac cichlid ketika remaja tidaklah begitu menarik, tetapi ketika mulai besar maka ikan ini memiliki pesona tersendiri.

Untuk diet ikan trimac termasuk omnivora. Ia akan menerima berbagai jenis pakan yang diberikan seperti pelet, udang, ikan hidup dan cacing.

Temperatur ideal untuk memelihara ikan ini di kisaran 23 - 30°Celcius dengan PH 7.0

Pemberian batu dan kayu bisa diterapkan. Ikan ini akan menentukan wilayah teritori atau kekuasaanya disekitar batu dan kayu yang dipasang. Di alam liar ikan ini tinggal di perairan dengan arus lambat jadi idealnya tidak memberikan arus yang kencang diakuarium. Tanaman diakuarium tidak disarankan karena ikan ini akan merusaknya bahkan mencabut akarnya. Seperti juga pada jenis cichlid lainnya ikan ini senang mendekor ulang batu kecil dan pasir sesuai dengan seleranya dengan cara memindahkan batu dan pasir dengan mulutnya.

Seperti kebanyakan ikan jenis cichlid berukuran besar, mereka bisa menjadi pemakan yang cukup jorok sehingga sistem filtrasi/ filter yang baik adalah keharusan.

Karena ikan ini termasuk agresif maka tankmatenya adalah ikan cichlid lain yang seukuran besarnya atau bisa juga jenis ikan catfish

Ikan ini termasuk salah satu yang mudah untuk dikembangbiakan. Ikan trimac cichlid berkembangbiak dengan dengan cara bertelur pada batu yang datar. Ikan bisa bertelur hingga 1000 butir dalam sekali bertelur. Ikan akan siap memijah ketika mencapai ukuran sekitar 15 cm lebih. Ikan betina akan menjaga telur sementara ikan jantan akan menjaga daerah sekitarnya. Bahkan ikan jantan bisa melukai atau membunuh ikan yang terlalu dekat dengan daerah tempat ia menjaga anaknya.

sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Trimac_cichlid

Artikel