Jaguar Cichlid (Nandopsis managuense)

Ikan yang mempunyai nama latin Nandopsis managuense juga di kenal dengan nama Managua Cichlid, Aztec Cichlid, Managuense Cichlid dan termasuk ke dalam Family Cichlidae. Jaguar Cichlid merupakan bagian dari kelompok American Cichlid (ikan cichlid/siklid yang berasal dari benua Amerika) habitat aslinya berasal dari Amerika tengah mulai dari Honduras sampai Nikaragua. Nama Managuense sendiri berasal dari nama dana Managua di Nikaragua

Jaguar Cichlid
Ikan Jaguar Cichlid

Jaguar Ciclid ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar dari keluarga cichlid dengan marking/pola cantik. Warna tubuhnya silver agak kusam dengan bintik-bintik di sepanjang tubuh.


Pada saat dewasa ikan ini akan berukuran 35 cm (jantan) dan  30 cm (betina). Walaupun ada yang bisa mencapai ukuran 50 cm. Pertumbuhan ikan Jaguar cukup cepat hingga mencapai ukuran sekitar 15 cm. Setelah itu pertumbuhannya akan melambat. Managuense Cichlid "remaja" idealnya ditempatkan pada akuarium  50 galon. Sedangkan Jaguar Ciclid dewasa disarankan ditempatkan pada akuarium 70 galon atau 400 Liter lebih dengan PH air 7.0-8.7 dan suhu 25-36 C . Sebaiknya tidak menempatkan tanaman di akuarium karena ikan ini akan merusaknya.

Ikan jaguar Cichlid ini termasuk ikan cichlid yang agresif dan teritorial. Meskipun ikan predator yang agresif ini, dapat ditempatkan dengan cichlids besar lainnya, tapi kadang-kadang ikan ini tidak akan mentolerir cichlid lain yang memiliki warna yang mirip.

Habitatnya ialah berenang di dasar hingga tengah akuarium. Jaguar Cichlid ini adalah pada dasarnya adalah Carnivora tetapi ia juga akan menerima makanan lain seperti pelet.  Tingkat kesulitan untuk memelihara ikan ini termasuk dalam kategori 'Mudah'.

Pembiakan ikan ini relatif mudah asalkan kondisi air ideal dapat dipertahankan maka jaguar ini akan bertelur dengan mudah. Untuk memudahkan pembiakan sebaiknya membeli beberapa ekor ikan ( 6-10 ekor) yang masih muda untuk dipelihara sampai usia mencapai kematangan seksual.

Ikan Jaguar cichlid jantan berwarna lebih cerah dibanding betina dan ukurannya lebih besar. Ikan betina mampu menghasilkan hingga 5000 telur. Tetapi umumnya menghasilkan antara 1000-2000 telur

Ikan yang dikenal dengan nama managuen terdapat banyak di pasaran dengan harga yang relatif murah

Artikel Terkait :

Jenis Jenis American Cichlid Lainnya

Jenis Jenis African Cichlid

Artikel